Delegasi Universitas Esa Unggul mengadakan kunjungan kehormatan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili, Timor Leste, dengan tujuan memperkuat hubungan internasional dan kerja sama di bidang pendidikan tinggi. Kunjungan ini dihadiri oleh beberapa petinggi Universitas Esa Unggul serta pejabat Kedutaan Besar RI di Dili. Delegasi Universitas Esa Unggul terdiri dari Dr. Mury Kuswari, S.Pd., M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Gizi, Dr. Rilla Gantino, S.E., Ak., M.M., QRMP selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Institusi, Lianda Rachmadany, S.Pd., M.A., selaku Kepala Bagian Kemitraan Kantor Urusan Internasional, dan Wahyuddin, Ftr., M.Sc., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Fisioterapi. Mereka disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia di Dili Okto Dorinus Manik beserta Prof. Dr. Ikhfan Haris, M.Phil., yang menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Dili, Timor Leste.

Pada Selasa, 23 Juli 2024, Universitas Esa Unggul didampingi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Timor Leste, Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc., UEU menandatangani MoU dengan empat universitas internasional di Timor Leste, yaitu Instituto Ciências da Saúde, East Timor Institute of Business, Instituto Superior Cristal, dan Universidade Nacional Timor Lorosa’e. MoU ini mencakup pertukaran mahasiswa dan dosen, joint research, serta program pengabdian kepada masyarakat Menurut , Dr. Rilla Gantino Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Institusi UEU mengatakan bahwa Penandatanganan MoU ini diharapkan menjadi langkah awal penting dalam membangun kerja sama yang lebih erat antara Universitas Esa Unggul dan perguruan tinggi di Dili Timor Leste.

Rilla juga menegaskan dalam pertemuan ini, seluruh pihak terkait membahas berbagai agenda mengenai kerja sama internasional di bidang Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Fokus utama adalah pemberian beasiswa bagi putra-putri terbaik Timor Leste untuk melanjutkan studi D3/D4, S1, dan S2 di Universitas Esa Unggul, tutup Rilla.

Kunjungan Universitas Esa Unggul adalah bagian dari tindak lanjut terkait diberikannya 100 beasiswa untuk putra-putri terbaik Timor Leste. Adanya beasiswa ini diharapkan mampu membantu Timor Leste dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang yang sangat dibutuhkan seperti Ilmu Kesehatan dan Fisioterapi, yang merupakan program studi unggulan di Universitas Esa Unggul. Saat ini, Universitas Esa Unggul sudah menerima lebih dari 200 pendaftar beasiswa yang kemudian akan diseleksi kembali sesuai dengan persyaratan.

Universitas Esa Unggul dan Kedutaan Besar RI di Dili berkomitmen untuk memperkuat kerja sama strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kedua negara. Kedutaan Besar RI menyambut baik inisiatif Universitas Esa Unggul dalam memberikan kesempatan pendidikan bagi generasi muda Timor Leste.

Sebagai upaya mengembangkan jaringan internasional dan menarik minat mahasiswa asing, Universitas Esa Unggul mengadakan kegiatan rekrutmen mahasiswa di Dili. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi mengenai program-program studi yang ditawarkan serta fasilitas dan keunggulan yang dimiliki oleh Universitas Esa Unggul. Rekrutmen ini merupakan bagian dari strategi universitas untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional dan memberikan kesempatan kepada generasi muda Timor Leste untuk merasakan pengalaman belajar di Universitas Esa Unggul.

Kerja sama antara Universitas Esa Unggul, Kedutaan Besar RI di Dili, dan perguruan tinggi di Timor Leste diharapkan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua negara. Dengan program beasiswa, pertukaran akademik, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan tercipta hubungan yang lebih erat dan saling menguntungkan dalam bidang pendidikan tinggi. Kedutaan Besar RI di Dili berkomitmen untuk mendukung kerja sama ini dan berharap kerja sama ini menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam membangun kemitraan internasional yang kuat dan berkelanjutan.

Courtesy Call dan rangkaian kegiatan Delegasi Universitas Esa Unggul di Dili ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan visi universitas menjadi institusi pendidikan yang unggul dan berdaya saing global. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan kerja sama ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia dan Timor Leste.

Receive the latest news in your email
Table of content
Related articles